"WE ARE FOR YOU"

"WE ARE FOR YOU"
"KAMI ADA UNTUK ANDA"

Rabu, 09 Maret 2011

-Aksi Korporasi (Corporate Action) -


Pada dasarnya tujuan perusahaan adalah memaksimumkan nilai pemegang saham. dalam teori keagenan (agency theory), terdapat dua pihak utama dalam perusahaan yaitu pemilik atau yang disebut sebagai principal dan manajemen atau yang disebut agency. dalam perspektif keuangan atau keuangan perusahaan (corporate finance), nilai pemegang saham atau nilai perusahaan dapat dimaksimalkan melalui tiga keputusan strategis yaitu: keputusan investasi (investment decision), keputuasan pendanaan (financing decision), dan kebijakan dividen (dividend policy).
strategi yang dapat ditempuh oleh emiten dalam meningkatkan nilai perusahaan salah satunya melalui aksi korporasi. Aksi korporasi (Corporate Action) merupakan istilah di pasar modal yang menunjuakkan aktivitas strategis emiten atau perusahaan tercatat (listed company) yang berpengaruh terhadap kepentingan pemegang saham. pengaruh tersebut dalam wujud perubahan saham yang beredar maupun harga saham. beberapa bentuk aksi korporasi yang umumnya dilakukan oleh emiten antara lain: pembagian dividen baik tunai maupun saham, pemecahan saham (stock split) atau penyatuan saham (reverse stock), saham bonus, penawaran umum terbatas (right issue), dan pembelian saham kembali (stock buy back).
disamping hal tersebut di atas, aksi korporasi juga mencakup aksi strategis emiten lainnya seperti: akuisisi, merger, spin of, penawaran perdana (initial public offering), secondary offering maupun additional listing, ataupun obligasi (Fakhrudin, 2006: 77)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar